Oleh: Admin | 30/11/2009

Desain Rumah Produktif

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

Kami pasutri baru, dan kini menempati sebuah rumah mungil nan sederhana dengan luas bangunan 31 m2 dan luas tanah 114 m2. Di rumah kami membuka usaha WARNET dikarenakan banyaknya kebutuhan warga dan mengingat jarak tempuh kami menuju ke jalan kota cukup jauh. Namun seiring dengan bertambahnya kebutuhan warga, kami pun merasa kebingungan dengan tempat usaha kami ini yang kian hari dirasa kian sempit. Sehubungan kami akan segera merenovasi/menambah jumlah ruangan di rumah kami itu.

Untuk itu kami mohon saran, agar sekiranya Bapak berkenan membuatkan denah untuk bangunan rumah produktif kami. Kami ingin menambah bangunan yang semula hanya terdiri dari satu kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang tengah yg kini dijadikan ruang usaha kami, menjadi rumah yg teratur, nyaman dan sekaligus bisa dipergunakan sbg ruang produktif kami (Warnet & ruang les anak).  Perlu diketahui, ukuran tanah 7 X 16 m2.

Demikian permohonan Kami. Besar harapan kami email ini dapat segera Bapak balas berhubung kami ingin sesegera mungkin membangun rumah ini. Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih. Zajakalloohu khoiron katsiron…

Intan

Jawaban

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb…

Mbak Intan yang baru menempuh mahligai rumah tangga…., Alhamdulillah Allah masih memberikan kenikmatan pada hamba-hamba Nya, walaupun hanya dengan rumah mungil nan sederhana, tapi masih bisa berlindung dari panas dan hujan sehingga patutlah kita selalu bersyukur atas karunia Nya.

Membangun rumah memang harus dengan suatu perencanaan yang matang. Dari awal sudah harus ditentukan apakah hanya berfungsi untuk tempat tinggal atau akan akan dijadikan rumah produktif. Tak pelak, rumah pun kadang dijadikan tempat untuk membangun usaha kecil-kecilan apalagi jika lingkungan sekitar cukup menunjang. Hanya sangat disayangkan, kadang tidak terpikirkan bagaimana mengatur ruang usaha tersebut agar tidak bercampur baur dengan aktivitas keseharian, terutama dalam menjaga aurat keluarga.

Dengan luasan lahan yang anda miliki, saya mencoba memisahkan kegiatan usaha dengan aktivitas rumah tangga, sehingga privasi dan aurat keluarga tetap terjaga. Warnet dan ruang les anak diletakkan pada bagian depan dilengkapi dengan area parkir sehingga tidak menggganggu jalan lingkungan. Pada bagian muka bangunan juga tetap disisakan lahan seluas 3.5 m x 1.5 m untuk ruang hijau (taman) atau jika memungkinkan dibuat kolam sehingga selain tetap dapat menjaga resapan hujan juga menjadi daya tarik bagi usaha anda.

Warnet seluas 3.5 m x 4 m ini bisa ditata dengan meja yang menyatu dan cukup disekat dengan penyekat berbahan acrylic sehingga ruangan tidak terkesan sempit. Saya sarankan jangan membuat bilik-bilik yang memungkinkan pengunjung akan leluasa untuk mengakses situs-situs yang tidak senonoh. Dengan konsep yang terbuka, paling tidak secara psikologis pengunjung akan merasa risih jika ingin mengakses situs-situs tersebut. Kapasitas yang dapat ditampung dengan ruang seluas ini adalah 8 unit komputer dengan satu unit meja operator. Ruang les anak berada di sebelah warnet dengan luas 3.5 m x 2 m memiliki akses terpisah dengan jendela menghadap teras. Untuk akses pintu masuk ke warnet dan ruang les ini sebaiknya menggunakan pintu geser agar dapat menghemat ruang.

Rumah induk berada di belakang dengan teras berukuran 3.5 m x 2 m sebagai ruang perantara. Terdiri dari ruang tamu 3.5 m x 2.5 m, ruang tidur anak 3.5 m x 2.5 m, ruang keluarga 3.5m x 2.5 m, ruang tidur utama 3.5 m x 3.5 m, kamar mandi 2 m x 1.5 m dan dapur seluas 3.5 m x 2 m. Ruang tidur anak dan ruang tidur utama memiliki bukaan (jendela) kearah taman dalam dan teras seluas 2.5 m x 2.5 m agar sirkulasi udara dan cahaya di dalam kamar tetap terjaga.

Secara keseluruhan walaupun ruang usaha dan rumah tinggal ini terpisah tapi tampilannya tetap menyatu dengan penggunaan atap miring satu arah dengan ketinggian yang berbeda. Kedua bangunan ini juga disatukan dengan canopy atau atap datar yang memayungi teras, jalan masuk hingga kearah jendela display. Pada bagian dak di atas jendela display dapat diletakkan plang nama warnet anda agar lebih menarik dan informatif. Untuk memasukkan udara dan cahaya ke dalam taman, dibuat coakan pada atap utama dengan penambahan dinding disekelilingnya yang sengaja ditonjolkan.

Demikianlah Mbak Intan, solusi yang dapat saya berikan agar Mbak Intan dan keluarga dapat menjadikan rumah tetap produktif  tetapi juga tetap memiliki privasi dalam rumah tangga. Mudah-mudahan Allah selalu memberikan limpahan rizki dan keberkahan pada anda dan keluarga.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb..

Sumber: http://www.eramuslim.com


Responses

  1. menarik


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: