Oleh: Admin | 26/11/2009

Desain Rumah Islami di Lahan 176 M2

Assalamualaikum wr wb

Pak Aria, kami ingin membangun rumah Islami yang modern tapi minimalis dan hemat energi diatas lahan seluas 176m2. Lebar muka 11 m dan panjang belakang 16 m. Menghadap ke tenggara. Samping kiri hook. Depan jalan. Samping kanan dan belakang rumah tetangga. Berharap dibuat 2 lantai tetapi tidak full. Adapun yang kami inginkan adalah

1. Carport, 2. Taman depan, 3. Saung kecil dekat taman depan, 4. Ruang tamu, 5. Ruang keluarga,
6. Kamar tidur utama+k. mandi (1), 7. Kamar tidur anak (2), 8. Kamar tidur tamu (back up 1),
9. Kamar mandi 2, 10. Musholla+ruang baca+ngaji keluarga, 11. Gudang kecil,
12. Tempat cuci + ruang jemur, 13. Dapur+Tempat makan+taman belakang (kesan dapur terbuka)

Mohon bantuan analisa, sketsa dan designnya. Juga estimasi biaya pembangunan rumah tersebut.

Kami tunggu jawabannya. Terimakasih.

Abu Daffa

Jawaban

Wa ‘alaikumussalam Wr.Wb.

Abu Daffa yang dimuliakan Allah, Alhamdulillah wa Syukurillah kita selalu panjatkan kepada pencipta Alam semesta ini….Allah SWT, sehingga sampai detik ini kita masih diberikan karunia dan rizki Nya.

Rumah yang Islami sejatinya, tidak dilihat dari fisiknya yang sarat dengan simbol-simbol Islam, tetapi lebih pada cahaya Allah yang selalu memenuhi setiap ruang dalam rumah kita, sehingga kita tidak pernah lalai untuk berzikir memohon ampunan dan petunjuk Nya. Apalah artinya sebuah rumah yang mewah, megah dan penuh dengan ornamen bertahtakan emas sekalipun, tapi kering dari zikrullah.

Syarat untuk membangun rumah yang Islami hanyalah niat yang ikhlas, dan semata-mata hanya digunakan untuk beribadah pada Allah SWT. Fisiknya  tidak berlebih-lebihan karena Allah sangat membenci sifat berlebih-lebihan yang akan melalaikan manusia.

Dari lahan yang anda informasikan, saya mencoba membuat tatanan ruangnya dengan menyesuaikan pada kebutuhan ruang yang anda inginkan. Karena posisinya di hook maka saya tarik bangunan tersebut 3 m dari masing-masing sisi jalan dan menempel pada 2 sisi lahan yang lain.

Bagian depan terdapat carport seluas 3.5 m x 4 m, teras 4.5 m x 1.5 m dan taman depan yang dilengkapi dengan gazebo atau saung berukuran 2 m x 2 m serta kolam ikan kecil.

Ruang tamu berukuran 4.5 m x 3 m dengan bukaan atau jendela-jendela yang lebar sesuai dengan konsep hemat energi yang anda inginkan. Juga ada kaca sudut agar dapat melihat saung yang anda di sudut halaman.

Ruang keluarga terletak di sisi kiri bangunan sehingga dapat langsung memandang ke taman samping melalui jendela-jendela yang lebar. Ruang keluarga ini juga dilengkapi dengan teras berukuran 3.5 m x 1.5 m yang berada di taman samping. Berurut ke belakang terdapat ruang makan dan ruang tangga ke lantai 2 serta dapur 3.5m x 2.5 m yang terbuka kearah taman di sudut belakang sehingga asap dapur bisa langsung keluar melalui void di atas taman tersebut. Antara dapur dan ruang makan, sekat juga dapat dibuat terbuka dengan dinding berukuran 1-1.2 m sekedar untuk menutupi aktifitas memasak saja. Dapur yang berada di sudut kiri belakang mempunyai akses atau pintu sendiri yang langsung berhubungan dengan halaman samping.

Ruang tidur utama yang berukuran 3.5 m x 4 m memiliki kamar mandi dalam seluas 1.5 m x 3 m dan mendapatkan cahaya dan udara dari taman seluas 2 m x 3 m yang ada di belakang. Juga Ruang tidur tamu 3.5 m x 3 m yang ada di sisi kanan depan, memperoleh cahaya dan udara dari jendela yang menghadap ke halaman depan. Kamar mandi 2 m x 2 m yang dapat digunakan oleh umum diletakkan di antara ruang tidur tamu dan ruang tidur utama.

Pembagian ruang ini juga sesuai dengan konsep hemat energi karena dengan posisi rumah anda yang menghadap Tenggara, maka ruang-ruang tidur berada di sisi Timur Laut sehingga ruangan tidak terasa panas.

Karena kebutuhan ruang yang anda inginkan cukup banyak maka lantai dua juga hampir full, hanya bagian di atas ruang tamu saja yang tidak bertingkat. Dengan menaiki anak tangga ke lantai dua anda akan berada pada ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang baca di sisi kiri dan musholla yang berfungsi juga sebagai ruang taklim di sisi lainnya. Ruangan ini sebaiknya dibuat tanpa sekat sehingga menjadi ruang yang fleksibel. Posisi ruang tidur anak 1 dan 2 yang berukuran 3.5 m x 3 m serta kamar mandi 2 m x 2 m dibuat satu garis dengan ruang tidur dan kamar mandi dibawahnya dengan tambahan gudang kecil berukuran 2 m x 1.5 m.

Dak atap di atas ruang tamu dapat dimanfaatkan sebagai balkon atau roof garden jika anda memiliki hobi tanaman hias dan sejenisnya. Atau dapat juga dimafaatkan untuk aktifitas olahraga dan sebagainya. Sedangkan bagian dak atap di atas dapur dan kamar mandi utama bisa dimanfaatkan untuk kamar pembantu, ruang cuci –jemur, serta perletakan torn air.

Karena posisi lahan yang berada di hook maka bangunan memiliki 2 sisi tampak. Walaupun demikian, pintu masuk utama tetap berada di sisi lahan yang berukuran 11 m. Konsep hemat energi pada bangunan langsung dapat terlihat dengan banyaknya bukaan pada ke dua sisi yang menghadap jalan dan bukaan pada atap. Penggunaan atap miring kedua arah juga merupakan ciri khas bangunan yang berada di iklim tropis. Pembagian ruang sesuai fungsinya yang ada di dalam bangunan, tercermin dengan ketinggian atap yang berbeda. Teras dan jendela juga tetap terlindungi dari panas dan tampias hujan dengan adanya kanopi datar di atasnya. Anda dapat menggunakan paduan berbagai material seperti batu alam, dinding gurat kayu dan warna-warna yang natural agar tampilan bangunan menjadi lebih artistik.

Secara keseluruhan, komposisi bangunan yang tetap memikirkan keseimbangan dengan lingkungan sekitarnya, juga tampilan yang tidak berlebihan serta ruang-ruangnya yang fungsional dan hemat energi adalah merupakan konsep bangunan atau rumah tinggal yang Islami, tinggal bagaimana anda akan mengisinya dengan ketakwaan pada Allah SWT…

Untuk estimasi biayanya, dengan luas total bangunan kurang lebih 190 M2, dan perkiraan harga per meter perseginya 2.5 juta rupiah maka dana yang dibutuhkan kurang lebih 475 juta rupiah.

Mudah-mudahan bermanfaat…..

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.

Sumber: www.eramuslim.com

About these ads

Responses

  1. saya sangat tertarik, mudah@an kedepan bisa kerja sama untuk bisnis properti, saya punya tanah 8 X 1 pingin bikin kontrakan 2 lantai/ kamar kurang lebih 9m2, jadi berapa kamar biayanya berapa nuhun


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: